Wednesday, January 12, 2011

Manfaat Antioksidan Bagi Kesehatan

Manfaat utama dari antioksidan adalah untuk menghentikan atau memutuskan reaksi berantai dari radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh. Radikal bebas merupakan molekul atau senyawa yang keadannya bebas yang dalam bahasa kimia adalah senyawa yang mempunyai satu atau lebih elektron yang dalam kondisi tidak berpasangan (hukum alam, segala sesuatu selalu berpasangan dan ada pasangannya). Elektron yang tidak berpasangan ini bersifat sangat reaktif untuk menarik elektron dari molekul lain yang pada dasarnya sudah stabil.

Salah satunya adalah dengan menyerang sel-sel sehat di dalam tubuh kita untuk merebut elektron sehingga radikal bebas tadi menjadi bentuk yang stabil (kembali ke hukum alam). Jika tubuh kita tidak memiliki pertahanan yang cukup, sel-sel sehat menjadi lebih mudah diserang oleh radikal bebas menjadi tidak sehat atau sakit.


Senyawa yang dihasilkan oleh polusi, asap rokok, kondisi stress, dan sinar matahari yang berlebihan akan berinterkasi dengan radikal bebas di dalam tubuh dan meningkatkan faktor resiko.

Antioksidan dapat menyelamatkan sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dari fakta yang menyatakan bahwa secara tidak langsung senyawa radikal bebas akan merusak sel dan dapat ditangkis oleh senyawa antioksidan.

Tubuh manusia sendiri sebetulnya menghasilkan senyawa antioksidan, tetapi tidak cukup kuat untuk berkompetisi dengan radikal bebas yang dihasilkan setiap harinya oleh tubuh sendiri. Antioksidan di dalam tubuh harus dipenuhi melalui asupan dari luar. Pola hidup dan pola makan yang benar sangat membantu dalam mengurangi resiko keracunan akibat radikal bebas.

Kerusakan sel-sel sehat akibat radikal bebas dapat diatasi dengan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E dan karoten. Di dalam tubuh radikal bebas akan menurunkan kesehatan jaringan, mempercepat proses penuaan, menimbulkan gangguan kesehatan. Salah satu contoh konkret adalah terjadinya proses penuaan dini dan penyakit degeneratif seperti kanker.

Jus buah dan sayuran dengan kandungan vitamin C, E dan karoten yang tinggi mempunyai manfaat juga sebagai antioksidan dan pada gilirannya dapat melindungi kita dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Thanks Om Gugel :))

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...